BENITO MUSSOLINI (1883-1945) Diktator Italia penganut Fasisme

Mussolini adalah pendiri Fasisme dan pemimpin Italia pada 1922 - 1943. Dia sekutu Nazi Jerman dan Jepang pada Perang Dunia II.

Benito Amilcare Andrea Mussolini lahir pada 29 Juli 1883 di Predappio di bagian utara Italia tengah. Ayahnya adalah seorang pandai besi. Tahun 1902 Mussolini pindah ke Swiss, di mana ia bergabung dengan kelompok sosialis. Ia kembali ke Italia pada tahun 1904, dan bekerja sebagai wartawan surat kabar sosialis, tetapi dukungannya untuk masuk Italia dalam Perang Dunia Pertama menyebabkan dirinya berhanti sejenak dalam kelompok sosialisme. Dia direkrut menjadi tentara Italia di September 1915.


Pada bulan Maret 1919, Mussolini membentuk Partai Fasis yang kemudian menggalang banyak dukungan dari para veteran perang yang menganggur. Ia mengorganisir mereka ke dalam pasukan bersenjata yang dikenal sebagai Kemeja Hitam yang meneror lawan-lawan politik mereka. Pada tahun 1921, Partai Fasis diundang untuk bergabung dengan pemerintah koalisi.

Pada bulan Oktober 1922, Italia tampaknya akan mengalami kekacauan politik. Kelompok Kaos Hitam memebuat markas di Roma dan Mussolini menunjukan dirinya sebagai satu-satunya orang yang mampu memulihkan ketertiban. Raja Victor Emmanuel mengundang Mussolini untuk membentuk pemerintahan. Mussolini secara bertahap membubarkan lembaga pemerintahan yang demokratis dan pada tahun 1925 hingga membuat dirinya sebagai seorang diktator, dengan sebutan 'Il Duce'. Dia mencoba untuk membangun kembali Italia sebagai kekuatan besar Eropa seperti ketika zaman Romawi. Rezim dijalankan dengan pengendalian penuh oleh Mussolini secara pribadi.


Pada tahun 1935, Mussolini menyerang Abyssinia (sekarang Ethiopia) dan memasukkannya ke dalam Kekaisaran Italia barunya. Dia memberikan dukungan militer kepada Franco dalam Perang Saudara di Spanyol. Meningkatkan kerjasama dengan Nazi Jerman yang ditingkatkan pada tahun 1939 melalui Pakta Baja. Dipengaruhi oleh Hitler, Mussolini mulai menerapkankan undang-undang anti-Yahudi di Italia. Deklarasi perang terhadap Inggris dan Perancis di Juni 1940 melemahkan militer Italia dan diikuti oleh serangkaian kekalahan di Afrika Utara dan Timur dan Balkan.

Pada Juli 1943, pasukan Sekutu mendarat di Sisilia. Mussolini digulingkan dan dipenjarakan oleh mantan rekan-rekannya di pemerintahan fasis. Pada bulan September, Italia menandatangani gencatan senjata dengan Sekutu. Tentara Jerman mulai menduduki Italia dan Mussolini diselamatkan oleh pasukan komando Jerman. Dia dipasang sebagai pemimpin pemerintahan baru, tetapi memiliki sedikit pendukung dalam pemerintahan. Sekutu kemudian menyerang ke Italia bagian utara, kemudian Mussolini lari menuju Swiss. Ia ditangkap oleh rakyat yang melawan pemerintahan Mussolini dan ditembak pada 28 April 1945.

Post a Comment

0 Comments