PPKN Kelas X SOAL PAT GENAP 2018-2019 Kurikulum 2013 Revisi 2017





1. Bhinneka Tunggal Ika dapat menjadi instrumen mewujudkan persatuan dan kesatuan. Hal tersebut karena Bhinneka Tunggal Ika.....

A. Mampu menghadapi tantangan zaman untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera

B. Mempunyai nilai historis yang tinggi bagi kerajaan-kerajaan di Nusantara

C. Dibuat oleh para cendekiawan untuk mewujudkan Indonesia merdeka

D. Mempunyai nilai filosofis untuk menyatukan bangsa Indonesia

E. Hanya dimiliki dan diyakini oleh bangsa Indonesia



2. Secara etimologi kata-kata Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa jawa kuno yaitu....

A. Bhinneka = Beraneka, Tunggal = satu, Ika = satu-satunya

B. Bhinneka = beragam, Tunggal = satu-satunya, Ika = satu

C. Bhinneka = banyak, Tunggal =satu, Ika = satu-satunya

D. Bhinneka = beragam, Tunggal = satu, Ika = itu

E. Bhinneka = Beraneka, Tunggal = itu, Ika = satu



3. Perhatikan beberapa hal berikut.

1) Lambang instansi

2) Pancasila

3) Bendera partai

4) Lagu-lagu perjuangan

5) Bahasa daerah

Pernyataan diatas yang bukan alat pemersatu bangsa Indonesia di tunjukan nomor.....

A. 1), 2) dan 4)

B. 1), 3) dan 4)

C. 1), 3) dan 5)

D. 2), 3) dan 5)

E. 3), 4) dan 5)



4. Proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyararakat adalah pengertian integrasi nasional menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia secara.....

A. Politis

B. Dinamis

C. Sosiologis

D. Antropologis

E. Geomorfologis



5. Suatu negara yang mempunyai warga negara majemuk cukup sulit dalam mencapai integrasi nasional. Hal ini akan sangat rentan terhadap terjadinya konflik kepentingan antar golongan, sehingga perlu kerja sama dalam mewujudkan integrasi nasional. Mewujudkan integrasi nasional dibutuhkan syarat-syarat. Di bawah ini yang bukan syarat integrasi nasional adalah...

A. Angota-anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi kebutuhan-kebutuhan antara satu dan lainnya.

B. Terciptanya kesepakatan bersama mengenai norma-norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman

C. Norma-norma dan nilai-nilai sosial tidak dijadikan aturan baku sehingga bisa ditoleransi apabila terjadi pelanggaran dalam proses integrasi sosial.

D. Semua warga mengimplementasikan nilai-nilai dan norma-norma yang sudah disepakati bersama tanpa paksaan

E. Semua warga harus meminimalisasi konflik



6. Integrasi nasional sangat dibutuhkan dalam membangun bangsa dan negara. Salah satu faktor pendorong tercapainya integrasi nasional adalah...

A. Adanya tekad dan keinginan untuk membangun daerahnya sendiri

B. Adanya rasa mementingkan diri sendiri yang diakibatkan oleh faktor sejarah

C. Adanya asas yang sama tercermin dalam simbol organisasi (Bendera Partai )

D. Adanya kepribadian dan pandangan hidup bangsa yang sama yaitu Pancasila

E. Adanya jiwa semangat memisahkan diri dari kelompok masyarakat yang kurang disenangi



7. Di bawah ini yang merupakan faktor pendukung tercapainya integrasi nasional adalah.....

A. Adanya tekad serta keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia

B. Adanya rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah

C. Adanya semangat persatuan dan kesatuan bangsa, bahasa, dan tanah air Indonesia

D. Adanya ancaman dari luar yang menyebabkan munculnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia

E. Adanya ideologi nasional yang tercermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika



8. Pengaruh negatif kemajemukan terhadap integrasi nasional yaitu rentan terhadap konflik kepentingan yang mengancam keutuhan bangsa dan negara. Salah satu faktor yang menghambat integrasi nasional adalah....

A. Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap ancaman dan gangguan

B. Adanya keinginan masyarakat untuk mencintai kebudayaan daerah

C. Adanya keinginan kuat untuk saling membantu antar bangsa

D. Tingginya sikap kebangsaan setiap warga negara

E. Meningkatnya toleransi antar umat beragama



9. Tujuan nasional merupakan kepentingan nasional yang abadi dan menjadi acuan dalam merumuskan tujuan pertahanan negara, ditempuh dengan tiga strata pendekatan. Strata dilakukan dalam menjaga kehidupan demokrasi politik dan ekonomi, keharmonisan hubungan antar suku, agama, ras, dan golongan (SARA), penghormatan HAM dan pembangunan yang berwawasan lingkungan hidup adalah pendekatan strata....

A. Mutlak

B. Penting

C. Absolut

D. Pendukung

E. pendorong



10. Salah satu upaya untuk menghadapi tantangan di bidang sosial budaya adalah...

A. Menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan

B. Mempelajari ideologi asing yang dianggap baik

C. Ikut memberi pertimbangan pada hakim dalam memberi vonis

D. Mengembangkan IPTEK dengan mengabaikan iman dan takwa

E. Memberikan bantuan sosial pada orang-orang yang terkena bencana alam



11. Ancaman negara bisa berbentuk milter dan non militer. Contoh ancaman non militer yaitu...

A. Masuknya paham komunis dan liberalis

B. Pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh negara lain

C. Adanya pihak tertentu untuk merusak instalasi penting dan objek vital nasional

D. Aksi teror bersenjata yang dilakukan oleh teroris internasional atau bekerja sama dengan teroris.

E. Ancaman keamanan di laut dan udara yurisdiksi nasional Indonesia yang dilakukan pihak-pihak tertentu



12. Usaha yang berasal dari diri sendiri yang bersifat atau bertujuan untuk melemahkan atau menghalangi secara tidak konseptual adalah makna dari....

A. Ancaman

B. Tantangan

C. Hambatan

D. Gangguan

E. Kelemahan



13. Perhatikan bentuk-bentuk ancaman berikut !

1) Imigran gelap

2) Penyelundupan narkotika

3) Spionase dari negara lain

4) Aksi teror bersenjata

5) Sabotase dari pihak tertentu

Bentuk-bentuk ancaman militer dapat di tunjukan pada nomor.....

A. 1), 2) dan 3)

B. 1), 2) dan 4)

C. 2), 3) dan 4)

D. 2), 3) dan 5)

E. 3), 4) dan 5)



14. Upaya yang dapat dilakukan warga negara untuk menjaga komitmen terhadap keutuhan nasional dalam bidang kebudayaan yaitu...

A. Menciptakan satu kebudayaan daerah untuk semua masyarakat

B. Memuseumkan alat-alat musik tradisonal supaya tidak punah

C. Membuka diri dari kebudayaan yang berasal dari daerah

D. Menganggap paling baik kebudayaan daerah sendiri

E. Menghargai perbedaan tradisi di setiap daerah



15. Setiap orang dapat berpartisipasi dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Tindakan siswa yang mencerminkan komitmen menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah...

A. Peserta didik kelas X mengadakan kunjungan ke kantor pengadilan

B. Peserta didik mengikuti pemilihan ketua kelas dengan tertib

C. Ahsan dan Ruli membaca buku di perpustakaan

D. Saleh mengembalikan buku kepada Titi

E. Ali berangkat sekolah pagi-pagi



16. Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta. Dalam UUD NRI tahun 1945 pasal 30 ayat (2) ada tiga kekuatan dalam sishankamrata.Sebagai kekuatan pendukung adalah...

A. Tentara

B. Polisi

C. Rakyat

D. Satpol PP

E. Satpam



17. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1) Menggulingkan pemerintahan yang sah dan konstitusional

2) Penguasaan terhadap pulau-pulau kecil oleh pihak asing

3) Memudarnya sikap nasionalisme dan patriotisme pada generasi muda

4) Penjarahan sumber daya alam Indonesia melalui eksploitasi yang merusak lingkungan alam seperti illegal fishing

5) Korupsi yang menimbulkan kerugian keuangan negara

Dari pernyataan di atas yang termasuk ancaman yang berasal dari dalam adalah...

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 2), dan 4)

C. 1), 3), dan 5)

D. 2), 3), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)



18. Salah satu contoh dari ancaman ideologi yang pernah terjadi di Indonesia adalah.....

A. anarkisme

B. liberalisme

C. komunisme

D. sosialisme

E. fasisme



19. Globalisasi dalam bidang ekonomi merupakan ancaman bagi produsen lokal. Mereka harus bersaing dengan produk-produk luar negeri dengan kualitas baik dan harga lebih murah. Ancaman yang dirasakan para produsen lokal akibat adanya globalisasi dalam bidang ekonomi yaitu...

A. Banyaknya penduduk Indonesia berpindah mata pencaharian menjadi buruh pabrik di luar negeri

B. Barang-barang hasil produksi dalam negeri semakin bersaing dengan barang produksi luar negeri

C. Semakin terdesaknya barang-barang lokal terutama barang dengan kualitas buruk

D. Para produsen harus meningkatkan jumlah produksinya setiap hari

E. Barang produksi lokal semakinlaris di pasar internasional



20. Di era globalisasi saat ini dengan derasnya arus informasi membuat generasi muda semakin cepat menyerap masuknya budaya asing yang banyak tidak sesuai dengan falsafah hidup kita. Salah satu sikap yang menjadi ancaman internal di bidang kebudayaan adalah...

A. Hidup sederhana

B. Mengutamakan kepentingan umum

C. Mencintai produk dalam negeri

D. Gemar berfoya-foya

E. Meniru gaya artis idola

21. Internet merupakan gerbang penjelajahan dunia pada era global. Di bawah ini yang merupakan contoh penyalahgunaan internet yang merugikan orang lain adalah.....

A. Memasang iklan di internet

B. Mengirim materi atau tugas melalui internet

C. Mencari artikel di internet untuk membuat tugas

D. Mengakses internet untuk mencari informasi bahan belajar

E. Menggunakan internet untuk mendapatkan data penting perusahaan



22. Disintegrasi bangsa merupakan dampak terburuk dari hilangnya rasa persatuan dan kesatuan dalam sebuah negara. Agar terhindar dari hal tersebut kita harus berusaha....

A. Menerima seluruh budaya asing yang masuk ke Indonesia

B. Melarang seluruh budaya asing yang masuk ke Indonesia

C. Meningkatkan pengetahuan tentang tekhnologi

D. Meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air

E. Memperkuat semangat kedaerahan bangsa



23. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Hal ini tercantum dalam UUD NRI Th 1945 pasal...

A. 27 ayat (1)

B. 27 ayat (2)

C. 27 ayat (3)

D. 30 ayat (1)

E. 30 ayat (2)



24. Secara etimologi wawasan nusantara berasal dari wawasan dan nusantara. Wawasan berasal dari kata “wawas” yang memiliki arti...

A. Menciptakan

B. Memandang

C. Meneladan

D. Merefleksi

E. Memiliki



25. Wawasan nusantara dalam definisi Prof. Wan Usman memuat informasi penting tentang wilayah Indonesia yaitu....

A. Tanah air Indonesia begitu subur

B. Indonesia sebagai negara kepulauan

C. Indonesia mempunyai lima pulau besar

D. Bangsa Indonesia pandai bersikap sopan

E. Bangsa Indonesia sebagai bangsa terhormat



26. Azas wawasan nusantara yang menyatakan bahwa adanya kesesuaian pembagian hasil dengan adil jerih payah dan kegiatan baik perorangan, golongan, kelompok maupun daerah adalah...

A. Keadilan

B. Kejujuran

C. Solidaritas

D. Kerja sama

E. kesetiaan



27. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

1) Menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran serta semangat kebangsaan Indonesia

2) Menanamkan dan memupuk rasa cinta negara lain sehingga muncul ketidakrelaan berkorban untuk membela

3) Mengembangkan keberadaan masyarakat madani sebagai pengembangan kekuasaan pemerintah

4) Menumbuhkan kesadaran dan pemahaman tentang hak dan kewajiban serta tanggung jawab warga negara yang bangga terhadap negara Indonesia

5) Mengembangkan kehidupan bersama yang multikultural berdasarkan nilai-nilai keberagaman

Fungsi wawasan nusantara ditunjukkan nomor....

A. 1), 3), dan 4)

B. 1), 3), dan 5)

C. 1), 4), dan 5)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)



28. Secara khusus, fungsi wawasan nusantara sebagai wawasan kewilayahan adalah...

A. Sebagai konsep dalam pembangunan, pertahanan keamanan dan kewilayahan

B. Mencakup kesatuan politik, sosial, dan ekonomi, sosial dan politik, dan kesatuan pertahanan dan keamanan

C. Pandangan geopolitik Indonesia sebagai satu kesatuan pada seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara

D. Pembatasan negara untuk menghindari adanya sengketa antarnegara tetangga

E. Sebagai konsep untuk persatuan dan kesatuan bangsa



29. Wawasan nusantara sebagai konsep dalam pembangunan, pertahanan, keamanan dan kewilayahan merupakan fungsi wawasan nusantara sebagai...

A. Wawasan keagamaan

B. Wawasan kewilayahan

C. Pembangunan nasional

D. Pertahanan dan keamanan

E. Konsepsi ketahanan nasional



30. Perhatikan aspek-aspek berikut in!

1) Politik

2) Sosial budaya

3) Letak dan bentuk geografis

4) Pertahanan dan keamanan

5) Keadaan dan kemampuan penduduk

Yang termasuk aspek-aspek pancagatra ditunjukkan oleh nomor....

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 2), dan 4)

C. 2), 3), dan 5)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)



31. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki letak geografis yang strategis. Secara astronomis wilayah Indonesia berada pada...

A. 6° LU - 11° LS dan 94° BT - 141° BT

B. 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT

C. 6° LS - 11° LU dan 95° BB - 141° BT

D. 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BB

E. 6° LU - 12° LS dan 94° BT - 141° BB



32. Indonesia merupakan kepulauan yang kekayaan alamnya melimpah dan harus dijaga dari ancaman dan eksploitasi negara asing. Istilah lain dari negara kepulaian adalah…

A. Rechts staats

B. Staatslheer

C. Island State

D. Archipelagic state

E. Staats fundamental norm



33. Pada aspek Pancagatra terdapat aspek pertahanan dan keamanan yang diartikan sebagai kondisi dinamik kehidupan pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional. Yang bukan prinsip-prinsip sistem pertahanan dan keamanan adalah...

A. Bangsa Indonesia cinta damai, tetapi lebih cinta kemerdekaan

B. Pertahanan dan keamanan Indonesia diserahkan pada TNI dan POLRI

C. Pertahanan keamanan negara merupakan upaya terpadu yang melibatkan segenap potensi dan kekuatan nasional

D. Pertahanan keamanan berlandaskan pada landasan Idiil Pancasila dan landasan konstitusional UUD NRI th 1945

E. Pertahanan dan keamanan diselenggarakan dengan sistem pertahanan dan keamanan nasional serta sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta



34. Antara trigatra, pancagatra dan astagatra terdapat hubungan timbal balik yang erat, yang dinamakan.....

A. Kohesi dan independensi

B. Relasi dan interpendensi

C. Korelasi dan independensi

D. Kohesi dan interpendensi

E. Korelasi dan intedependensi



35. Kehidupan perekonomian bangsa yang berlandaskan demokrasi ekonomi berdasarkan Pancasila, mengandung kemampuan memelihara stabilitas ekonomi yang sehat dan dinamis serta kemampuan menciptakan kemandirian ekonomi nasional dengan daya saing yang tinggi dan mewujudkan kemakmuran rakyat yang....

A. Adil dan merata

B. Adil dan makmur

C. Adil dan sejahtera

D. Merata dan sejahtera

E. Sejahtera dan makmur





I. Uraian

36. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, integrasi nasional mempunyai arti politis dan antropologis. Jelaskan makna integrasi secara politis !

37. Indonesia memiliki budaya luhur yang sarat dengan nilai-nilai moral dan sosial. Munculnya globalisasi mengakibatkan terjadi pergeseran di bidang sosial budaya Indonesia, hal ini merupakan ancaman di bidang sosial budaya. Sebutkan 3 dampak negatif globalisasi !

38. Sebutkan 3 peran serta masyarakat dalam membangun integrasi nasional!

39. Tujuan wawasan nusantara di bagi menjadi dua bagian yaitu tujuan ke dalam dan tujuan keluar. Jelaskan kedua tujuan tersebut !

40. Dalam aspek kehidupan nasional terdapat aspek tigatra dan aspek pancagatra. Sebutkan aspek Trigatra dalam wawasan nusantara !







KUNCI JAWABAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)
KELAS X (SEPULUH)
PENILAIAN AKHIR TAHUN
TAHUN PELAJARAN 2018-2019
PILIHAN GANDA
1
D
6
D
11
A
16
C
21
E
26
A
31
B
2
D
7
E
12
C
17
C
22
D
27
A
32
D
3
C
8
A
13
E
18
C
23
C
28
D
33
B
4
D
9
B
14
E
19
C
24
B
29
E
34
E
5
C
10
E
15
B
20
D
25
B
30
B
35
A

ESSAY

36. Makna Integrasi nasional secara politis adalah penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional.

37. Dampak negatif globalisasi:

1) Pola hidup konsumtif

2) Hedonisme

3) Westernisasi

4) Sikap individualis

5) Lunturnya nilai agama

38. 3 Peran serta masyarakat dalam mengatasi berbagai ancaman dalam membangun integrasi nasional antara lain:

1) Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia artinya menjaga kekayaan alam yang terkandung di dalamnya
2) Menciptakan ketahanan nasional artinya setiap warga negara menajagakeutuhan kedaulatan negara dan mempererat persatuan bangsa
3) Menghormati perbedaan suku, budaya dan agama dan warna kulit. Artinya perbedaan yang ada akan menjadi indah jika terjadi kerukunan dsb
4) Mempertahankan kesamaan dan kebersamaan yaitu kesamaan memiliki bangsa , bahasa persatuan dan tanah air Indonesia serta memiliki pancasila, UUD NRI th 1945 dan sangsaka merah putih
5) Memiliki semangat persatuan yang berwawasan nusantara
6) Menaati peraturan agar kehidupan berbangsa dan bernegara berjalan dengan tertib dan aman


39. Tujuan wawasan nusantara ada dua bagian:

v Tujuan ke dalam wawasan nusantara: untuk mewujudkan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan bangsa, baik aspek alamiah maupun aspek sosial

v Tujuan ke luar wawasan nusantara: untuk ikut serta mewujudkan kebahagiaan, ketertiban, dan perdamaian seluruh umat manusia

40. Aspek trigatra:

1) Letak dan bentuk geografis

2) Keadaan dan Kemampuan Penduduk

3) Keadaan dan Kekayaan Alam





Post a Comment

0 Comments