MUAMMAR AL-QADDAFI Pemimpin Libia yaang berkuasa hingga 40 tahun

Muammar al-Qaddafi
Muammar al-Qaddafi, Muammar Khadafy atau, Moammar Gadhafi, atau Mu'ammar al-Qadhdhafi (lahir 1942, dekat daerah Surt, Libya dan meninggal pada 20 Oktober 2011, Surt), pemimpin Libya (1969-2011). Qaddafi telah memerintah selama lebih dari empat dekade ketika ia digulingkan oleh pemberontakan pada bulan Agustus 2011. Setelah menghindari penangkapan selama beberapa minggu, ia dibunuh oleh pasukan pemberontak pada Oktober 2011.

Qaddafi lahir di gurun Afrika Utara, selatan Sirte, Libya, pada tahun 1942, ia merupakan putra seorang Petani keliling Badui, Qaddafi tinggal di daerah terpencil kamp padang pasir keluarganya sampai ia sekolah pada usia 9.
kemudian is sekolah di sebuah sekolah menengah di Sebha, Qaddafi terinspirasi oleh pidato dari Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser yang menjadi seorang nasionalis Arab berkomitmen. Qaddafi membentuk kelompok pelaja revolusioner di Sebha, lanjutnya kuliah di Universitas Libya di Tripoli, di mana ia menerima gelar sarjana sejarah pada tahun 1963. Setelah lulus, Qaddafi memasuki Akademi Militer Libya di Benghazi, di mana ia menemukan banyak yang bersimpati kepada nasionalisme anti-Barat-nya.

Ditugaskan sebagai tentara Libya pada tahun 1965, ia mulai meletakkan dasar untuk menggulingkan raja Libya, Raja Idris, yang ia dianggap sebagai pion negara-negara Eropa Barat. Dalam waktu empat tahun Qaddafi menguasai militer dan pada tanggal 1 September 1969, ia merebut kekuasaan dalam kudeta yang direncanakan dengan hati-hati. Dengan asumsi perintah dari pemerintah sebagai ketua Dewan Revolusi yang berkuasa, Qaddafi mengangkat dirinya sebagai komandan kepala dari angkatan bersenjata Libya dan pemerintah, dengan pangkat kolonel. Qaddafi segera mulai melaksanakan rencana yang sudah lama ia mimpikan untuk Libya dengan menasionalisasi semua bank asing dan perusahaan minyak dan bersikeras menutup semua pangkalan militer Eropa di Libya. Pada tahun 1970 Qaddafi merebut aset pribadi warga Italia dan Yahudi, serta mengusir mereka untuk pergi dari negara itu.

Semasa kekuasaannya, Qaddafi telah memberikan dukungan yang kuat untuk berbagai kelompok rezim dan teroris, termasuk Iran, Irak, Suriah, Uganda, Organisasi Pembebasan Palestina dan sub-kelompok, serta Tentara Republik Irlandia. Sangat didukung oleh Uni Soviet, ia berhasil melawan Mesir dan perang melawan bahaya dari Chad dan sekutunya Perancis untuk menguasai wilayah utara negara itu. Dalam upaya untuk mengusir pasukan Perancis dari negara Qadaffi mengirim pasukan invasi ke Chad.
Qaddafi telah menimbulkan beberapa insiden dengan Amerika Serikat, salah satunya menyebabkan pembalasan serangan bom Amerika di markas besarnya di Tripoli pada tanggal 15 April 1986. Qaddafi melarikan diri dengan hanya luka ringan tapi putri bayi terbunuh. Pada tahun 1988 agen intelijen Libya meledakan bom di pesawat Pan Am Flight 103 di atas Lockerbie, Skotlandia, yang menewaskan lebih dari 200 orang. Setelah 11 September 2001, serangan teroris di AS, Qaddafi berusaha untuk memperbaiki hubungannya dengan Barat.


Pada tahun 2011, kerusuhan besar yang dilakukan ssipil pecah di Libya yang bertujuan untuk menghapus Qaddafi dari kekuasaan. Qaddafi memulai peperangan terhadap rakyatnya sendiri dan perang saudara terjadi, serta kelompok pemberontak dengan dukungan logistik dari NATO, di sisi lain. Setelah perang saudara delapan bulan, Qaddafi ditangkap oleh pemberontak di kota kelahirannya Serte dan tak lama kemudian ia dieksekusi.

Post a Comment

0 Comments