NICOLAS SARKOZY presiden ke-23 Perancis


Nicolas Paul Stephane Sarkozy de Nagy-Bocsa atau lebih dikenal Nicolas Sarkozy merupakan seorang presiden ke-23 Perancis yang terpilih pada pemilu tahun 2007 melalui Partai Sosialis.
Lahir pada 28 Januari 1955 di Paris, Perancis. Ia belajar ilmu politik hingga mampu menjabat sebagai walikota Neuilly-sur-Seine selama 20 tahun sebelum terjun ke kancah politik nasional Perancis. Sarkozy menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri sebelum terpilih sebagai presiden pada tahun 2007 melalui dua putaran. Masa jabatannya ditandai dengan kontroversi pribadi dan politik, dan ia kemudian kalah dalam pemilu keduanya pada 2012.

Nicolas Sarkozy lahir dari hasil hubungan Andrée Mallah (Perancis) dan Pal nagybocsai Sarkozy (Hungaria). Ia adalah anak kedua dari tiga bersaudara, dan ayahnya meninggal ketika ia masih balita. Ibunya merupakan seorang pengecara.

Karir politik Sarkozy dimulai saat dia masih sangat muda. Ia terpilih pada kantor kotamadya politik pertama Konselor walikota Neuilly-sur-Seine pada usia 22 tahun. Enam tahun kemudian, ia terpilih. sebagai walikota hingga 20 tahun, sebelum memasuki dunia politik nasional.

Saat masa pemerintahan Jacques Chirac, ia menjabat Menteri Urusan Dalam Negeri meski kemudian Chirac tidak menyetujuinya untuk menjadi penerus sebagai presiden, karena Chirac lebih memilih Alain Juppe yang akhirnya malah tersangkut kasus korupsi. dalam kabinet Jean-Pierre Raffarin ia menjabat Menteri Keuangan dalam pemerintahan Raffarin (Maret 2004-Mei 2005) dan kembali menjabat Menteri Urusan Dalam Negeri dalam pemerintahan Dominique de Villepin (2005-2007), Sarkozy juga presiden Dewan Jenderal departemen Hauts-de-Seine pada periode 2004-2007 dan Walikota Neuilly-sur-Seine.
Sarkozy dan Cecilia Ciganer-Albeniz
Pada tahun 2007, ia memimpin partai sayap kanan UGR, kemudain pada 14 Januari 2007, ia terpilih sebagai kandidat presiden dalam pemilu presiden 2007 dari partai Uni Pergerakan Popular (UMP) yang konservatif, hingga akhirnya ia terpilih sebagai Presiden Perancis pada 6 Mei 2007.

Dalam kehidupannya yang penuh dengan kontroversi, Sarkozy juga memiliki itu dalam kehidupan pribadinya. Sarkozy menikah sebanyak tiga kali. Pertama ia menikah dengan istri pertamanya Marie-Dominique Culioli dengan memiliki dua orang anak, pada pernikahan yang keduanya bersama Cecilia Ciganer-Albeniz yang kemudian bercerai pada Oktober 2007 memiliki seorang anak, tak lama setelah ia menjabat, dan ia bertemu istrinya yang ketiga, model dan penyanyi Carla Bruni, kurang dari sebulan setelah ia dan Ciganer-Albeniz dipisahkan. Dia dan Bruni menikah tiga bulan kemudian hingga memiliki seorang anak.
Sarkozy dan Muammar Qaddafi
Selama lima tahun kepresidenannya, jumlah dukungan terhadapnya banyak mengalami penurunan hingga akhirnya ketika dia ikut dalam pemilu pada tahun 2012 ia tak berhasil mendapatkan kursi kepresidenan Perancis, hingga menyatakan pensiun dari kancah perpolitikan.

Post a Comment

0 Comments